Wednesday 11 October 2023

Review Samsung Galaxy Z Fold 5

Samsung Galaxy Z Fold 5 Ulasan Samsung Galaxy Z Fold 5 Samsung saat ini berada pada puncak inovasi dengan perangkat lipatnya dan pembaruan ... thumbnail 1 summary
Samsung Galaxy Z Fold 5
Samsung Galaxy Z Fold 5

Ulasan Samsung Galaxy Z Fold 5

Samsung saat ini berada pada puncak inovasi dengan perangkat lipatnya dan pembaruan berulang yang kami dapatkan sejak setahun terakhir adalah buktinya. Meskipun tidak ada yang salah dengan hal itu, namun bukan berarti tidak ada hal yang membuat Anda bersemangat. Tahun ini tidak berbeda dengan Samsung Galaxy Z Fold 5 yang diluncurkan pada Juli lalu. Terlepas dari peningkatan biasa seperti prosesor yang lebih baru, Samsung telah menggunakan mekanisme engsel yang direvisi yang sedikit membantu menurunkan bobot dan ketebalan ponsel. Hal ini tidak mengubah permainan, namun jelas merupakan langkah ke arah yang benar. Tentu saja, pemilik Galaxy Z Fold 4 saat ini dapat dengan mudah melewati generasi ini dan menunggu model tahun depan.

Tetapi jika Anda memiliki ponsel Fold yang lebih lama, apakah Galaxy Z Fold 5 layak untuk diupgrade? Inilah ulasan kami setelah menghabiskan satu bulan yang baik dengannya.

Desain Samsung Galaxy Z Fold 5

Samsung Galaxy Z Fold 5 hampir tidak bisa dibedakan dari pendahulunya, tetapi jika Anda perhatikan lebih dekat, perubahan kecil seperti penempatan lampu kilat LED dan warna adalah beberapa cara untuk membedakan keduanya. Ini masih menjadi salah satu ponsel lipat horizontal terbaik berkat kaca tahan pecah di bagian depan dan belakang serta bingkai aluminium. Engsel baru ini juga memungkinkan kedua bagiannya duduk hampir rata satu sama lain saat dilipat, sehingga mengurangi jarak. Ponsel ini diberi peringkat IPX8 untuk ketahanan air.

Samsung Galaxy Z Fold 5
Galaxy Z Fold 5

Kedua layar pada Galaxy Z Fold 5 sangat mirip dengan Fold 4, kecuali kecerahan puncak layar lipat, yang kini menjadi 1.750 nits dibandingkan 1.200 nits. Dimensi layar pada Galaxy Z Fold 5 sama seperti sebelumnya, yakni mencakup layar luar 6,2 inci HD+ AMOLED dengan kecepatan refresh 120Hz, dan layar utama QXGA+ 7,6 inci dengan kecepatan refresh 120Hz.

Kedua layar memiliki keterbacaan yang baik di bawah sinar matahari langsung dan menghasilkan warna yang mencolok. Tampilan luarnya sangat berguna untuk menyelesaikan tugas sederhana dengan cepat, namun masih agak sempit untuk mengetik dengan nyaman. Layar lipat bagian dalam paling cocok untuk menggunakan beberapa aplikasi sekaligus atau aktivitas santai seperti bermain game dan menonton video. Lipatannya masih sangat terlihat dan dapat dilihat dari sudut yang salah, tetapi sulit untuk membedakannya saat Anda melihat layar secara langsung.

Anda tidak mendapatkan banyak aksesori yang dibundel dengan Galaxy Z Fold 5, kecuali alat pelepas SIM dan kabel USB Type-C. Untuk smartphone seperti itu, masuk akal untuk berbelanja lebih banyak dan mendapatkan casing S Pen yang memberi Anda perlindungan tambahan bersama dengan stylus.

Spesifikasi dan perangkat lunak Samsung Galaxy Z Fold 5

Sama seperti seri S23, Samsung Galaxy Z Fold 5 juga menggunakan SoC kustom Snapdragon 8 Gen 2 ‘Mobile Platform for Galaxy’. Ini adalah prosesor yang kuat dan hemat daya yang memberikan kinerja yang baik. Kapasitas baterainya sama seperti tahun lalu yakni 4.400mAh, dan masih mendukung pengisian kabel hanya 25W dan pengisian nirkabel 15W.

Dalam hal perangkat lunak, Galaxy Z Fold 5 menjalankan One UI 5.1.1 berbasis Android 13, dan Samsung telah berkomitmen untuk memberikan empat peningkatan OS Android utama dan pembaruan keamanan selama lima tahun. Banyak trik software dari Fold 4 yang dibawa ke sini seperti mode Flex di aplikasi seperti Google Meet atau YouTube, dan kemampuan untuk menggunakan tiga aplikasi sekaligus. Namun ada beberapa tambahan baru, seperti kemampuan untuk menampilkan hingga empat aplikasi yang baru-baru ini digunakan di taskbar. Ini harus diaktifkan secara manual dari aplikasi Pengaturan karena defaultnya masih dua aplikasi.

Ada juga fitur drag and drop dengan dua tangan saat Anda tidak membuka dua aplikasi dalam mode layar terpisah. Cara kerjanya adalah Anda menekan lama gambar atau item yang ingin Anda salin ke aplikasi lain dan saat item tersebut ditekan, Anda dapat membuka versi ukuran penuh dari aplikasi kedua menggunakan tangan Anda yang lain dan terakhir menjatuhkan item yang dipilih. di sana.

Performa dan masa pakai baterai Samsung Galaxy Z Fold 5

Samsung Galaxy Z Fold 5 adalah ponsel andalan yang benar-benar biru dan tidak berhenti berdetak bahkan saat Anda menekannya. RAM yang besar dan SoC yang kuat memastikan selalu ada cukup daya untuk digunakan apa pun aplikasi yang Anda gunakan. Separuh ponsel yang memiliki SoC mendapat peringatan saat bermain game atau tugas yang menegangkan, namun separuh lainnya tetap tenang. Performanya cukup prima, baik multitasking maupun gaming.

S Pen juga berfungsi dengan baik, tetapi sayang layar luarnya tidak mendukung, yang berarti Anda terpaksa membuka ponsel untuk membuat catatan atau melakukan apa pun dengannya. Perlu diingat juga bahwa S Pen untuk ponsel seri S biasa (seperti S23 Ultra) tidak akan berfungsi di sini karena Z Fold 5 hanya mendukung stylus edisi khusus 'S Pen for Fold'.

Angka benchmarknya solid karena Samsung Galaxy Z Fold 5 mencetak 14.13.684 poin di AnTuTu dan memaksimalkan beberapa tes grafis di GFXBench, menghasilkan 120fps di rangkaian tes T-Rex.

Meski memiliki kapasitas baterai yang sama dengan model tahun lalu, Samsung Galaxy Z Fold 5 mampu memberikan masa pakai baterai lebih dari satu hari, bahkan dengan penggunaan sedang hingga berat. Menjalankan pengujian loop baterai kami pada layar lipat utama, ini berlangsung selama 19 jam, 53 menit, dan ini sangat bagus.

Kamera Samsung Galaxy Z Fold 5

Tidak ada perubahan pada perangkat keras kamera. Samsung Galaxy Z Fold 5 memiliki tiga kamera belakang: lebar 50 megapiksel, ultra lebar 12 megapiksel, dan telefoto 10 megapiksel dengan zoom optik 3X (zoom total hingga 30X). Ada kamera selfie 10 megapiksel di layar luar dan kamera bawah layar 4 megapiksel di layar lipat. Yang terakhir ini paling baik digunakan untuk panggilan video saja karena kualitasnya di bawah rata-rata untuk mengambil foto. Samsung bisa saja menggunakan sensor yang lebih besar dan zoom optik yang lebih baik seperti pada S23 Ultra, tetapi hal itu mungkin akan menghasilkan ponsel yang lebih tebal dan bukan sesuatu yang Anda inginkan pada ponsel yang dapat dilipat.

Mengingat perangkat kerasnya, menurut saya Galaxy Z Fold 5 melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan gambar diam dan video. Foto memiliki kejernihan dan warna yang baik dalam pengambilan gambar siang hari, dan HDR ditangani dengan baik. Performa telefoto juga cukup bagus, meskipun pada tingkat zoom di atas 20X, detail yang lebih halus mulai tidak terlihat. Ada mode pemotretan yang biasa digunakan, dan subjek yang dipotret dalam mode Potret memiliki pemisahan yang baik dari latar belakang. Bahkan dalam kondisi cahaya redup, ponsel mampu menyeimbangkan bayangan dan sorotan dengan sangat baik. Mode malam sangat efektif jika diperlukan.

Silahkan isi @mail dibawah ini! Dapatkan update terbaru. Terimakasih.

No comments

Post a Comment